The Last One…^_^

Apa ku bilang…hidup kita tuh emang unpredictable. ada aja kejadian luar biasa yang terjadi, bahkan pada detik2 terakhir menjelang momen penting itu.

Satu hal yg kupelajari 15 Juni kemarin adalah….kita ga boleh mudah nyerah.

Hm…menjelang deadline pengumpulan persyaratan sidang (15 Juni pkl. 17.00 alias jam 5 sore), jelas dong deg2an. Bayangkan…deadline maksimal pengumpulan jam 3 sore, tp jam 12 siang aku baru ngebuka file revisi dan komen Bab Pembahasan dari Bu Irma (ko-pembimbing). Edit punya edit…siap cetak jam 3. Pas mo diprint…LOHHHH…kok ga bisa dibuka? Kata mas2 yg mo ngeprint

“Wah, kayaknya kena virus nih mbak…”

“Whattt???”

dalam hatiku…”Pliz2…jangan skrg kena virusnya, ntar ajah ^-^”

(oya, sekedar info ngeditnya di warnet LPKM bhubung lag ga di kosan , soalnya komputer lab full yg make buat ngedit skripsi juga, dan aku kudu ngedit di kampus biar deket ama tempat ngumpulin skripsi…)

Sampe setengah jam, tu file ga bisa dibuka juga, trus akhirnya file dari komputer asli tempat aku ngedit diambil ulang ama mas2 tukang ngeprintnya…pfffhhh….eh, bisa dibuka sih, cuma aku baru sadar kalo lay outnya berubah semua, terutama penomoran halaman, soalnya sempet ada halaman yg “odd page” deh…

akhirnya kupaksain ngeprint meskipun aku taw nomornya anehhh…daripada ga ngumpulin..itu udh jam 4 loo.inget!!! deadline jam 5…wew…

buru2 aku ke bu irma, biar beliau bisa baca…dan ditanda tangani…trus keliling nyari dosen ketua lab yg blum ku dapet tanda tangannya buat surat bebas lab dan praktikum.pffhhh…

Udh tuh di bu irma, pas dibaca ama beliau…lohhhh!!!kok ada referensi tabel yg error…source not found…hyahyaaaa….

Akhirnya, Bu irma bilang ke Bu Tini (petugas TU) yg ngurusin pengumpulan psyaratan sidang, boleh ga kalo aku ngumpulinnya besok aja pas pagi…trus Bu Tini bilang…

“GA BISA, HARUS HARI INI,¬† NTAR DICEK PAK INDRA (Ka.Prodi)”

Wew…

Akhirnya, dengan menerobos hujan deras, yang disertai badai (lebay…eh…enggak dink..emang gitu kok kenyataannya..), aku berlari menuju warnet LPKM di tengah guyuran hujan, mengambil file skripsi di komputer tempat aku ngedit sebelum kena virus…langsung ku kirim ke email bu irma, biar kalo ada apa2 ada back-up-nya.

balik lagi ke anor, nyelesein minta tanda tangan ke bagian keuangan, dan nge print skripsi.

Satu hal, yang paling berkesan…adalah…seseorang yang setia menemani..ciee….siapa coba…???

Yup…si eneng Fani…..

huhuhu…can’t imagine what will I do without U, Nie…!! Really appreciate for that….

hingga selesai ngedit dan ngeprint (sekitar jam 9 malem) dilanjutkan memfotokopi sampe jam 9.45 malem. Alhamdulillah masih ada tukang fotokopian yang buka jam sgitu (Mas2 tukang fotokopi gerbang belakang….makasih ya….ampe dibela2in motokopiin skripsi ku di tempat lain naek motor..^_^)

Selese motokopi jam 9.30 malem, langsung ke TU nemuin Bu Tini…alhamdulillah jam segitu Bu Tini masih repot ngurusin dan nyusun skripsi anak2 yang masuk….pfuuuhhh…

Jadi, fixnya….skripsiku masuk jam 10 malem….

Wew,,,,untung Bu Tini baik..masih nerima…dan aku baru sadar bahwa seharian itu perutku belum diisi apa-apa….

What a surprise..!!!

Saking riweuhnya, ampe ga nyadar kalo blum makan dari pagi…

seingetku perutku cuma diisi ama Nu Green Tea aja…

hm…apapun itu, alhamdulillah….

Emang ga boleh gampang nyerah ya….








Uji aktivitas lagi…

hm…hari ini uji aktivitas lagi katalis Ni dari Ni(NO3)2 dg konsentrasi 10%, sama kyk uji aktivitas sebelumnya cuma beda bahan baku. mulai grasak grusuk jam setengah delapan…ngeset reaktor uji aktivitasnya yg bener2 dari nol bgt.

nyambung ini..nyambung itu…obeng sana obeng situ…

berasa kayak punya bengkel sendiri..

ngatur flow gas hidrogennya…(sempet bermasalah gara2 ada sisa gas bertekanan tertinggal di regulator dan ga dikeluarin,,,) tapi bs diberesin berkat pak nyoman…(babeh tercinta..hehehe..)

jam 10.30….ready to catalytic activity test….

tahap pertama : aktivasi katalis…berarti reduksi pake gas hidrogen pada suhu tinggi selama 3 jam.

teng..tong..teng..tong…14.30 :tiba2…..ketika tahap aktivasi hampir slesai..upz….selang penghubung flowmeter & bubbler dg reaktor terkena penangas dan…gosong….meleleh…huhuhu…

ya ampun padahal kan ga boleh…sebab setelah aktivasi sebisa mgkn kontak antara katalis dg udara dicegah…lah kalo selangnya meleleh berarti…..GAGAL !!!!!!

grrrrr……aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

huhuhu..:(




Labbing 12 Maret

Jalan panjanghari ini ngelab lagi….

penuh kepercayaan diri..semangat…

siap abeesss…

brgkt jam 08.30, nyoba ngulang uji Folin Wu yg kemaren2 gagal mulu.

ada yg sampelnya keenceran lah…standarnya ga valid range absorbansinya, sampelnya kepekatan lah…

pfuuh…

tp hari ini udh yakin…seyakin2nya..bakal berhasil

coz..kmaren2 udh taw salahnya dimana, kurangnya mgkn di bagian apa…

pede abizz lah pokoknya.

eh, tp baru nyadar ada yg ga beres pas udh nambahin reagen Cu tartrat alkalinnya…

hrsnya antara Cu tartrat : asam fosfo = 1 : 1,, eh aku lupa jadi 2 : 1.

tadinya ku pikir ga masalah, krn sblmnya dg perbandingan 2 : 1, hasilnya baek2 aja…

eh tawnya?????

Aneeeeehh…

ada apa ini?jadi bingung..apa reagennya terkontaminasi?

pfuuhh…padahal bikinnya susah…bahan kimianya terbatas….

huhuhu…mo nangis….

(cengeng bgt ya….)

tp mo blg apa…emang gitu kok kenyataannya…

Oh, Tuhan..inikah 1 lagi ujianmu..?

hatiku blg sih..ga blh nyerah…

iya ga blh nyerah,..

TETEP SEMANGAT…Vieraaaaaaaaaaaaaaaaaaa


Sendiri itu ternyata menakutkan juga…^_^

Guess what….

udah dua hari ini jadi hantu lab….meskipun agak kesiangan…

Kemarin, ngelab mulai jam1, biasa…gara2 kena sindrom M a.k.a Mualez….

Entah kenapa…kalo sampe jam 9 belum ke kampus jg…alamat bakal ga jadi ke kampusnya ato….justru jd kesiangan bgt ke kampusnya…

Benar2 ujian…

Kaki ini terasa malas melangkah…

Mandi juga jadi males..

pfuuhh…..

Akhirnya setelah menguatkan diri…berangkatlah aku ke kampus dengan setelan nan rapih. enggg..ingg…engg….

Nyampe kampus….

Waaaa…..hujan deraaas bgt. Pffhhhh….lagi2 cobaan.

Tetap menguatkan diri. Mampir ke lantai 3 lab anorganik, seperti biasa ga ada siapa2. Membuka-buka jurnal….hmm….enggg….ooo……ya..ya..ya….

Baiklah..aku akan menguji kadar glukosa metode Folin Wu saja….

tapi…oiya…reagen asam fosfomolibdatnya kan habis…

Ahaa….kan udah ngambil zat kemaren..tinggal ngebikin aja…(hehehe….ngebikin…keliatannya sih enak bin gampang..padahal…..hm…..)

Akhirnya, ku tetapkan hati membuat reagen asam fosfomolibdat itu. Mulai dengan mencampurkan Asam molibdat dengan Natrium tungstat dan NaOH 10 % lalu dipanaskan….

hm….sambil nunggu, ngenet dulu ah…

sekitar 30 menit, ku tengok larutanku…baru berkurang 10 mL. hmm…di prosedur…hrs ditambah air hingga konstan…baiklah….menunggu lagi…

30 menit kemudian…ku angkat beaker glass-nya dan ku dinginkan…

menunggu lagi…..sambil ngenet tentunya…waa….jd ga kesepian…

udah dingin larutannya….

Wah sudah jam 3.30, padahal ada janji nge-les privat dengan Sifa….tapi…Ooow….alamak…hujan deras kali….

hm…ku ambil hape…

Aku : “Sifa di sini hujan deras bgt “

Sifa : “Oh yawdah teh Viera lesnya besok aja”

(dalam hatiku….hehehe…kebetulan, bisa lanjut ngelab nih..)

akhirnya…..lanjut labbing….dan chatting hehehe

menjelang maghrib…shalat dulu ah…

abiz tuh…lanjut lagi nambahin asam fosfat dan ngencerin….

waaa..reaksinya eksoterm….labu takarnya jadi hangat.

grasak grusuk bentar…

alhamdulillah…slesai sudah…

beres2…cuci2…

eh, teringat sesuatu…jd mampir ke lt.2 dan ngenet lagi,,,ampe jam 7

wah..udah jam 7..pulang ahhhh

Tapi…..ketika nyampe depan pintu lantai paling bawah?????

Gyaaaaaaaa……terkunci…!!!!

Aduh gimana nih…?
Panik..panik..panik..!!

Waaaaa…..

di gedung ini, aku yg terakhir keluar…gimana dunk…

aduh…mana lagi Pak Yadi penjaga malam? Jangan2 lagi nonton bola kayak biasa…

waaaaaaaa…..panik…panik…

jadi mikir yang enggak2…gimana kalo terkunci semalaman, ga bisa keluar, ga da yang negbukain pintu,

MASA HARUS NGINEP DI GEDUNG INI SENDIRIAN ????
TIDAKKKKKKKKKKK…………..

tiba2…di depan jalan ada motor lewat (bisa keliatan soalnya pintunya dari kaca). Dengan sekuat tenaga, ku gedor2 pintu kaca itu…

Tapi jangankan ngebantuin, nengok pun enggak tuh motor…

waaaaa..tambah panik..

Eh, ada motor ke dua, kejadiannya sama, hasilnya jg sama…

pfuuuuuuuh…

Ayo viera ga boleh putus asa!! Masa mo tidur di gedung nyeremin ini sih…huhuhu…..

Eh, ada motor ketiga…Kugedor lagi pintunya…

Eh, pengendaranya nengok….trus rada memperlambat jalan….

dan…

Waaa…..dia belok lagi dan ngehampirin pintuku…

Ternyata bapak2….

Tampaknya baik.

“Pak saya kekunci pak..” (kataku dari dalam pintu)

“Bisa tolong panggilin penjaga gedungnya ga pak? Ada di gedung sebelah..”, kataku

“Oh, ada penjaganya ya? Ya sudah nanti saya panggilkan” kata si bapak

Dia pun ke gedung sebelah. Ga nyampe lima menit….

Datanglah Pak Yadi sang penjaga malam….bersama sang bapak penyelamat hidupku…ohhhhh

Pak Yadi langsung membuka kunci.

“Pak saya kekunci pak” (hehehe ga penting, ya iyalah Pak Yadi¬† kan taw aku kekunci, kalo ga ngapain dia dateng bawa kunci)

Pintu terbuka…aahhhh…lega bgt..ga jadi kekunci deh..

“Makasih ya pak !!” kataku pada Pak Yadi dan bapak penyelamat.

“Sama2 dek..” kata si bapak sambil naik ke motornya dan pergi…

Pfuuuhhh.

Akhir kisah, aku ga jadi nginep di gedung lama Kimia….yg rada horor jg keliatannya, apalagi kalo kita lagi sendiri hehehe…

Ternyata, sendiri itu kadang menakutkan ya…hehehe…

———-Happy ending—-Ever After———————————————–

Gambar TA….(edisi narsis) ^-^

Nikel (tris)etilendiamin heksahidrat_2

Nikel (tris)etilendiamin heksahidrat_2

katalis Nikel dari Nikel Nitrat (metode impregnasi)

Ini edisi narsis….hehehe

Stagnansi

Pernah merasa stag dalam hidupmu? Nah, itu yang sekarang ku alami. gimana enggak, memulai TA dari sejak semester 7 (normalnya ngambil TA) ampe sekarang belum slese2 juga. temen-temen udah pada kemana. udah pada ngapain. aku masih disini.

still here….still….

satu sisi ngerasa malu pada diri sendiri, pada orangtua, pada orang2 yang selama ini kujanjikan untuk lulus tepat waktu.

faktanya sekarang??? Aku masih belum lulus. Pernah terlintas sedikit penyesalan beberapa minggu lalu ketika kupikir2 lagi ttg topik TAku…rasanya ini terlalu rumit. honesty, unpredictable. definitely unpredictable.

tapi, ibarat nasi sudah jadi bubur, g ada yang perlu disesali. kalo Aa Gym bilang, sekarang ga bisa lagi mengubah bubur kembali jadi nasi. jadi langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah menambah suwiran ayam, telor, sedikit daun bawang dan bawang goreng, plus sedikit sambal agar buburitu jadi bubur ayam yang enak…(heu…jadi lapeur).

So, buat kalian2 yang merasa senasib denganku…anggaplah ini suatu ujian sayang Allah buat qt. Kan biasanya menjelang ujian perlu belajar, dan sehabis ujian, kalo qt bisa nyelesain ujiannya dengan baik, insyaAllah dapet nilai yang memuaskan pula. Plus naik tingkat pula artinya. (jangan lupa, itu artinya masih ada ujian tingkat selanjutnya yang puastii lebih susah lagi soalnya….hehehe)

menuliskan ini sedikit mengurangi beban hatiku.

menuliskan ini sedikit menghiburku.

menuliskan ini sedikit menaikkan harapanku akan tiadanya kesia-siaan dibalik semua rencana Allah.

Menuliskan ini setidaknya akan sedikit berguna kalo ada yang bernasib sama dan membacanya…

Semoga tidak sia-sia…

Semoga bisa jadi pelipur lara…

Don’t be sad, throw the desperate…

For every process in my life, thanx God

Uji Aktivitas Pertama : Meaningful

Glass Reactor for Hydrogenation Glucose Using Nickel CatalystGlass Reactor for Hydrogenation Glucose Using Nickel Catalyst

Kamis kemarin aku uji aktivitas katalisku untuk pertama kali. hm….mulai jam 7 pagi, selesai jam 4 sore. it’s a long…long…time. cuapek…laper (ampe lupa makan) dan gagal!!!
gara2nya setelah katalisnya direduksi sekitar 3 jam, suhunya ga diturunin lagi. padahal reagen-nya kan larutan glukosa yang dengan suhu 100 derajat aja udah bisa nguap. nah, kemaren aku make suhu 140 derajat. kebayang kan, gimana kalo gula dipanasin suhu segitu….ya jelas jadi carbon lah dia…alias gosong.
Alhasil larutan yang semula bening jadi coklat keruh, selain karena efek katalisnya yang emang warna item, ya ada glukosa yang gosong juga.
reaksinya serem lho….ketika kusuntikkan sampelku ke reaktornya, langsung ada reaksi bertekanan yang hampir ngebuat salah satu sambungan pipa terlempar.
tragisnya, ada larutan glukosa yang nyasar ke bubbler penangkap sisa gas hidrogen dalam reaksi. so, parafin dalam bubbler terkontaminasi pereaksi dan harus diganti..
oh, Tuhan….Kau benar-benar mengujiku….